Cara Cek Bantuan UMKM Online Melalui BNI BRI Terbaru 2022

Masa pandemi yang udah berjalan hampir 2 tahun ini memang bener-bener mukul ekonomi sebagian besar  masyarakat di Indonesia. Pemerintah pun udah berusaha sekuat tenaga dengan kasih berbagai bantuan terutama buat para pelaku UMKM. Tapi sayangnya masih banyak yang belum tau cara cek bantuan UMKM.

Pemerintah sendiri udah ngemudahan lo yang punya bisnis UMKM buat ngecek apakah lo dapet bantuan ini apa nggak, terus kapan cairnya, dan keterangan lain. Jadi apa lo udah tau gimana cara ngecek bantuan yang bisa lo dapetin? Kalau belum, yuk simak cara yang gue bagiin di bawah ini gaes.

Cara Cek Bantuan UMKM

Cara Cek Bantuan UMKM 2

Perlu lo ketahui, bagi para pelaku UMKM, kalian berhak dapetin bantuan dari pemerintah berupa BPUM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro dengan beberapa syarat tertentu. Bantuan ini udah disalurkan kepada 12,8 juta lebih pelaku UMKM di seluruh Indonesia sebagai modal usaha bagi mereka yang terdampak pandemi.

Di bulan Desember ini, BPUM kembali cair dengan jumlah 1,2 juta rupiah yang bisa lo cek sendiri melalui beberapa cara yang bakal gue bagiin di tutorial di bawah. Jumlah ini mungkin tidak banyak, jadi lo harus pandai dalam mengatur uang tersebut agar cukup untuk menghidupi usaha biar terus berjalan di masa ini.

Mengutip Kompas.com (8/11/2021), Kabag Humas (Kepala Bagian Hubungan Masyarakat) Kemenkop UKM, Anang Rachman menyatakan bahwa batas pencairan BPUM ini adalah akhir Desember tahun 2021. Jadi buat lo yang masih belum sempet buat nyairin, masih ada kesempatan sampai akhir bulan.

Tapi sebelum beralih ke cara cek bantuan UMKM, pastikan lo udah terdaftar dulu sebagai penerima bantuan tersebut. Kalau belum, berikut gue punya informasi tentang apa aja syarat yang bisa lo siapin sebelum mengajukan seabgai penerima bantuan UMKM.

Persiapan Berkas

Persiapan Berkas

Berikut ini beberapa berkas yang harus lo siapin sebelum melakukan pengajuan sebagai penerima bantuan UMKM dari pemerintah :

  • Fotokopi e-KTP
  • Fotokopi NIB atau SKU dari Kelurahan atau Kepala Desa
  • Fotokopi KK.

Siapkan dokumen – dokumen di atas dan serahkan kepada pihak yang berwenang.

Isi Formulir dengan Lengkap

Isi Formulir dengan Lengkap

Setelah semua berkas udah siap, selanjutnya lo akan dapet formulir dan lengkapin formulir tersebut dengan data yang benar ya gaes. Data-data yang harus lo siapin buat ngisi formulir tersebut antara lain :

  • NIK
  • Nomor KK
  • Tanggal Lahir
  • Nama lengkap sesuai KTP
  • Jenis Kelamin
  • Alamat yang sesuai sama NIB, KTP, atau SKU dari Kelurahan atau Kepala Desa
  • Nomor Telepon yang aktif dan bisa dihubungi
  • Bidang Usaha.

Di sini lo harus merinci bidang usaha apa yang lo jalani buat proses verifikasi dan ngyakinin kalau lo berhak mendapat bantuan dari pemerintah. Setelah semua informasi di formulir udah lengkap, selanjutnya data lo akan diverifikasi.

Langkah Selanjutnya

Langkah Selanjutnya

Kalau lo udah sampai tahap verifikasi dan dinyatakan berhak menerima bantuan BPUM, di sini lo udah bisa praktekin cara cek bantuan UMKM. Tapi jangan lupa juga buat lakuin langkah selanjutnya berikut ini :

  • Lo sebagai penerima bantuan bakal dapetin notif dari lembaga penyalur, lembaga penyalur ini sendiri ada bermacam-macam. Bisa dari bank milik BUMD, PT. Pos, bank milik BUMN, dan lain-lain. Notif yang bakal lo dapetin adalah berupa pesan teks atau pesan suara
  • Setelah lo dapetin notifikasi tersebut, pergi ke bank penyaur terkait sambil bawa fotokopi KTP, KK, dan fotokopi NIB / SKU
  • Konfirmasi dan tandatangani pertanggungjawaban mutlak yang menandai lo sebagai penerima bantuan BPUM
  • Setelah itu barulah bank penyalur bisa nyairin bantuan punya lo sebesar 1,2 juta rupiah.

Nah, setelah semua tahap terlewati, lo bisa cek data lo sebagai penerima bantuan UMKM. Tapi kalau lo masih belum tau caranya, berikut cara cek bantuan UMKM dengan mudah. 

Cek Bantuan UMKM Melalui e-Form BRI

Akan muncul kode verifikasi di layar dan masukin kode verifikasi tersebut

Cara pertama yang bisa lo lakuin untuk cek bantuan UMKM adalah cek dari e-Form BRI. Cara ini sangat cocok terutama buat lo yang pake rekening BNI sebagai rekening sehari-hari. Cara buat tau apakah lo termasuk penerima bantuan BPUM atau tidak adalah :

  • Buka website resmi mereka di https://eform.bri.co.id/bpum
  • Masukkan NIK lo yang ada di KTP atau KK
  • Akan muncul kode verifikasi di layar dan masukin kode verifikasi tersebut
  • Setelah itu klik “Proses Inquiry”
  • Selanjutnya akan muncul keterangan apakah lo termasuk sebagai penerima bantuan BPUM atau tidak
  • Kalau lo terdaftar dan tercatat, lo bisa segera mendatangi kantor BRI terdekat sambil membawa persyaratan yang udah gue bagikan di atas buat mulai proses pencairan bantuan tersebut.

Cek Melalui Laman Dinas PPKUMK DKI Jakarta

Cek Melalui Laman Dinas PPKUMK DKI Jakarta

Selain dari website e-form BRI, ada lagi cara cek bantuan UMKM dan BPUM yaitu dengan mengeceknya melalui laman dinas PPKUMK DKI Jakarta. Begini caranya :

  • Masuk ke link bit.ly/pencairanBPUM
  • Masukkan NIK yang tertera di KTP atau KK lo
  • Masukkan juga kode verifikasi yang muncul pada layar di kolom input yang udah disediain
  • Selanjutnya akan muncul keterangan apakah lo termasuk penerima bantuan BPUM atau nggak
  • Kalau terdaftar, selamat, lo bisa segera ngurus dan siapkan semua dokumen yang diperlukan seperti yang gue jelasin sebelumnya.

Cara cek bantuan UMKM dari laman dinas PPKUMK DKI Jakarta ini relatif sama seperti mengecek dari website e-form BRI. Jadi terserah lo mau ngecek darimana dan lebih nyaman pake website yang mana.

Cek Melalui Bank BNI

Cek Melalui Bank BNI

Kalau lo punya ATM BNI, lo bisa memilih buat cek  bantuan UMKM dari bank BNI. Caranya yaitu lo harus cek dari website banpresbpum.id. Selengkapnya, simak tutorial di bawah ini :

  • Buka website resminya di banpresbpum.id
  • Setelah itu masukkin NIK lo yang bisa lo temuin di KTP atau KK
  • Klik tombol Cari
  • Selanjutnya lo bisa melihat keterangan apakah lo tercatat sebagai penerima bantuan atau tidak.

Itulah cara cek bantuan UMKM dengan berbagai cara dan sumber. Semua cara di atas gue pastikan valid dan bisa dipercaya ya gaes. Karena website yang gue bagiin di atas merupakan website resmi yang ditunjuk oleh pemerintah sebagai lembaga penyalur bantuan.

Selain bantuan UMKM, selama pandemi pemerintah juga banyak mengeluarkan bantuan lain yang juga bisa lo manfaatin. Seperti kartu prakerja buat para pencari kerja, subsidi kuota belajar buat lo yang masih pelajar, diskon tarif listrik, bansos tunai, BLT subsidi gaji, dan lain-lain.

Manfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin. Kalau lo penggiat UMKM, pastikan dana BPUM yang lo dapetin lo gunakan untuk keperluan usaha. Karena dengan menerima uang tersebut, lo punya beban moral tersendiri untuk menggunakan uang tersebut dengan tepat tujuan.

Simak Juga : Cara Cek Penerima Bansos PKH Online di EPKH.Kemsos.Go.Id