Cara Cek Penerima Bansos PKH Online di EPKH.Kemsos.Go.Id

Pengen tau bagaimana caranya cek penerima bansos PKH? Kalo iya, maka sobat bisa simak terus penjelasan yang udah admin bagian dibawah ini.

Ya, demi mensejahterakan masyarakat, baru-baru ini pemerintah lagi ngadain sebuah program yang tentunya bakalan berguna banget buat masyarakat.

Soalnya hasil dari program bansos itu, tentu bakalan berguna buat nyukupin kebutuhan sehari-hari ataupun ngebangun sebuah usaha kecil-kecilan.

Dan yang pastinya, masih ada banyak lagi hal-hal bermanfaat yang bisa didapetin sama sobat dari bantuan program bansos ini.

Jadi engga ada salahnya, kalo sobat nyoba gabung atau ikut daftar supaya nantinya bisa berkesempatan ngedapetin bantuan dari program bansos.

Tapi kalo yang jadi permasalahan bagi sobat adalah engga tau kayak mana cara daftarnya, maka sobat bisa simak ulasan tentang cara Cek Penerima Bansos PKH berikut ini.

Syarat Buat Daftar Penerima Bansos PKH

Syarat Buat Daftar Penerima Bansos PKH

Walaupun cara daftar program yang kayak begini udah sempet dijelasin sama pemerintah, tapi engga semua orang yang bisa ngelakuin bagaimana caranya.

Soalnya sebelum ngelakuin proses daftar, nantinya sobat perlu menuhin beberapa syarat yang sebelumnya udah ditentuin.

Dan kalo ada satu syarat aja yang engga bisa sobat penuhin, maka admin jamin kalo pendaftaran dana bansos itu engga bakalan berhasil.

Nah, untuk syarat-syarat yang perlu dipenuhin sama sobat, sebenernya bukan berupa data-data khusus yang sama kayak syarat program lainya.

Baca Juga : 12 Aplikasi Penghasil Saldo Dana Tercepat Terbukti Membayar

Jadi buat memperjelas, maka sobat bisa nyimak semua syarat yang udah admin bagiin dalem daftar berikut ini.

  1. Keluarga yang mau daftar harus keluarga rentang yang miskin atau warga miskin.
  2. Calon penerima bantuan sosial PKH juga harus tergabung dalem anggota KPM PKH yang udah di gradasi.
  3. Calon penerima bantuan sosial PKH wajib punya usaha kuliner, penjahit, kelontong, peternak, pedagang, sama pertanian.

Cara Daftar + Cek Penerima Bansos PKH Secara Offline

Cara Daftar + Cek Penerima Bansos PKH Secara Offline

Nah, kalo semua syarat yang ditentuin sekiranya udah dipenuhin, maka sobat bisa langsung cari tau kayak mana caranya daftar bansos PKH.

Dan buat cara yang kayak begini juga, sebenernya bisa sobat lakuin dengan cara yang mudah dan engga seribet buat daftar program lainya.

Tapi engga menutup kemungkinan juga, kalo beberapa diantara sobat ada yang engga tau soal hal apa aja yang perlu dilakuin nantinya.

Sehingga admin pun ngambil sebuah kesimpulan, dengan cara ngasih tau soal hal-hal apa aja yang perlu sobat lakuin nantinya.

Jadi semua kesimpulan atau solusi yang admin maksud, bisa langsung sobat simak dalem sebuah daftar yang tersaji sebagai berikut.

  • Langkah pertama, silahkan sobat siapkan KTP dan Kartu Keluarga terlebih dahulu.
  • Kalo udah sobat bisa dateng ke kantor kelurahan di sekitar wilayah sobat.
  • Silahkan sobat ajuin permohonan sobat kepada aparat kantor kelurahan tersebut.
  • Jika sobat ketauan kalo pernah nerima bantuan lain kayak BLT UMKM, BLT Subsidi Gaji, dan lain sebagaimana, maka sobat secara langsung nggak akan diterima.
  • Selanjutnya aparat bakalan ngelakuin validasi terhadap data yang dikirim sama sobat.
  • Terus kalo udah, maka sobat bakalan nerima KKS atau Kartu Keluarga Sejahtera.
  • KKS nantinya bisa menjadi alat transaksi tercetak yang sesuai sama petunjuk dari Kementerian Sosial.
  • Dengan ini maka Bantuan Sosial akan disalurkan kepada penerima melalui anggota Himpunan Bank Milik Negara kayak BTN, Mandiri, BRI, dan BNI.

Baca : Aplikasi Penghasil Uang Terbukti Membayar

Cara Buat Daftar Program Bansos PKH di EPKH.Kemsos.Go.Id

Cara Buat Daftar Program Bansos PKH di EPKH.Kemsos.Go.Id

Kalo cara yang sebelumnya dilakuin secara offline, maka buat cara yang selanjutnya sobat bisa ngelakuin proses daftar secara online.

Untuk cara yang dilakuin secara online kayak begini, tentu bakalan lebih gampang lagi buat sobat lakuin lewat ponsel pintar.

Tapi walaupun cara yang dilakuin bakalan lebih gampang, akan tetapi engga semua diantara sobat bakalan ngerti buat hal yang perlu dilakuin.

Jadi buat solusi selanjutnya admin bakalan ngasih tutorial, mengenai cara daftar bansos PKH secara online khususnya di EPKH.Kemsos.Go.Id.

Dan buat cara yang udah admin bagiin tersebut, sekarang bisa langsung sobat simak dalem sebuah tutorial yang udah admin bagiin sebagai berikut.

  • Yang pertama sobat download dan instal dulu aplikasi “Cek Bansos” di Play Store.
  • Lanjutin buat buka aplikasi terus daftar pake “No KK” dan juga nomor “KTP“.
  • Kalo udah berhasil, maka sobat bisa langsung masuk ke dalem menu utama aplikasi.
  • Dengan ini maka sobat bisa langsung mendaftarkan diri di DTKS Kemensos buat dapet Bantuan Sosial.
  • Klik pada bagian menu “Tambah Usulan” buat ngajuin pendaftaran.
  • Akhiri dengan memilih jenis bantuan yang bernama “Bantuan Sosial PKH“.
  • Proses selesai.

Baca Juga : Cara Cek Bantuan UMKM

Cara Buat Liat atau Pengecekan Penerima Bantuan Sosial PKH

Cara Buat Liat atau Pengecekan Penerima Bantuan Sosial

Kalo semua syarat dan proses pendaftaran udah sobat selesain, maka hal selanjutnya yang perlu dilakuin sama sobat adalah pengecekan.

Jadi fungsi dari pengecekan yang kayak gini, supaya sobat bisa tau kalo sobat itu keterima apa engga sebagai anggota yang berhak buat dapet dana bansos.

Dan buat ngelakuin proses pengecekan itu juga, terdapat beberapa hal yang perlu sobat lakuin supaya informasinya bisa lebih jelas.

Nah, bisar sobat bisa dapet cara atau langkah-langkah yang lebih jelas, maka sobat bisa ikutin langkah-langkah yang udah admin bagiin berikut ini.

  • Buka terlebih dahulu “Browser” yang ada di HP sobat.
  • Lanjutkan untuk masuk ke dalem website melalui URL “emensos.go.id“.
  • Kalo udah di dalem website, maka sobat bisa pilih “Wilayah” dari calon penerima manfaat Bansos.
  • Terus sobat “Masukin Nama” yang sesuai dengan nama KTP.
  • Silahkan sobat lanjut buat “Masukin Kode Huruf” di bagian kolom.
  • Jika semua data udah di isi, maka sobat bisa mengakhiri dengan cara ngeklik “Cari Data” yang ada dibagian bawah.
  • Tunggu beberapa saat, dan nantinya informasi penerima manfaat Bansos bakalan ditampilin di layar.
  • Selesai.

Nominal Yang Akan Diterima Sama Keluarga Terpilih Bansos PKH

apa itu bantuan sosial?

Buat ngasih sedikit bocoran sama sobat soal nominal yang bakal di dapetin, disini admin juga udah nyediain daftarnya buat sobat baca.

Jadi besaran PKH yang bakalan diterima khusus tahun 2021 ini, memiliki nominal yang bervarian atau berbeda-beda.

Sehingga sobat bakalan lebih paham lagi, tentang semua hal yang bersangkutan sama program Penerima Bansos PKH.

Dan buat nyari tau soal nominal dana di program Penerima Bansos PKH ini, sekarang bisa langsung sobat simak dalem sebuah tabel berikut ini.

Penerima Bantuan SosialNominal yang Akan Diterima
Ibu Hamil dan Masa NifasRp 3.000.000 per tahun (Rp 750.000 per 3 bulan)
Anak Usia Dini antara 0 hingga 6 tahunRp 3.000.000 per tahun (Rp 750.000 per 3 bulan)
Pendidikan untuk anak SD atau sederajatRp 900.000 per tahun (Rp 225.000 per 3 bulan)
Pendidikan untuk anak SMP atau sederajatRp 1.500.000 per tahun (Rp 375.000 per 3 bulan)
Pendidikan untuk anak SMA atau sederajatRp 2.000.000 per tahun (Rp 498.000 per 3 bulan)
Orang dengan disabilitas tingkat beratRp 2.400.000 per tahun (Rp 600.000 per 3 bulan)
Lanjut usia 60 tahun keatasRp 2.400.000 per tahun (Rp 600.000 per 3 bulan)

Nah, itu tadi penjelasan soal Cara Daftar Program Bansos PKH yang bisa sdmbertani.id sajiin buat sobat semua.

Semoga semua rangkuman yang udah admin sajiin di atas tadi, sekiranya bisa ngasih manfaat yang berguna buat sobat semua, makasih ya 🙂

Simak Juga : Situs Penghasil Uang