Info UPT :

"Dr. Syaifuddin: Tingkatkan Mutu, Harus Berani Memberi “Nilai Tambah”"

Penetapan penjaminan mutu (quality assurance) bagi seluruh Perguruan Tinggi melalui Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM DIKTI) telah lama diumumkan pemerintah. Berdasarkan Undang-undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, SPM Dikti ini meliputi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) atau yang lebih dikenal dengan Akreditasi. Jadi SPM Dikti itu sistem penjaminan mutu internal dan external.

Implementasi SPMI merupakan Tindakan nyata dari setiap unit pelaksana tugas SPMI, yang dimulai dari Menyusun dan menetapkan dokumen mutu, melaksanakan isi dari dokumen mutu, mengevaluasi dan mengendalikan pelaksanaan dari isi dokumen mutu serta meningkatkan mutu dari isi dokumen mutu. Dalam siklus SPMI tersebut, evaluasi pekaksanaan standar memiliki satu bentuk kegiatan, yaitu Audit Mutu Internal (AMI). 

AMI dilaksanakan untuk menjamin akuntabilitas dari penyelenggaraan standar mutu perguruan tinggi tersebut. AMI sebuah perguruan tinggi membutuhkan auditor yang memiliki kompetensi bersertifikasi dan legalitas dalam melakukan Audit Mutu terhadap pelaksanaan standar mutu pada tingkat internal Pendidikan tinggi tersebut. 

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa melalui Unit Penjaminan Mutu saat ini menggelar Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu dan Audi Mutu Internal yang bertujuan untuk menjamin pemenuhan standar  dan dapat menjadikan acuan pengelolaan data dan informasi dan komunikasi dalam system serta pelaporan penyelenggaraan Pendidikan yang berkualitas tinggi.

Pelatihan SPMI dan AMI yang diinisiasi oleh Unit Penjaminan Mutu Polbangtan Gowa dibuka oleh Direktur Polbangtan Gowa Dr. Ir. Syaifuddin, MP.
Dalam arahannya, Dr. Syaifuddin mengharapkan agar seluruh komponen yang ada di Polbangtan Gowa memperbaiki system dari dalam sehingga apa yang ingin dicapat dapat terlaksana dengan baik.

Harus berani memberi “nilai tambah” terhadap apa yang dilakukan. Contoh olah pisang yang dulu hanya digoreng dengan menggunakan tepung. Saat ini sudah banyak olahan yang memberi “nilai tambah” itu dengan menambahkan toping pada olahan tersebut seperti keju, susu dan cokelat. Selain rasanya enak, tampilannya juga menarik. 

Tapi apa yang dilakukan tersebut harus memenuhi standar-standar yang telah ditetapkan, oleh karena itu saya mengapresiasi kegiatan ini. Semoga dapat menghasilkan standar mutu yang baik pula.

Apa yang dilakukan saat ini sudah dalam bentuk untuk menghasikan dan peningkatan kapasitas SDM pertanian yang maju, mandiri dan modern sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Kita masih terus mendorong pertanian yang maju, mandiri dan modern. Modern itu berarti di dalamnya kita bicara SDM. Bagaimana mau cepat kalau masih pakai kendaraan kemarin. Bagaimana mau maju kalau ilmunya, teknologinya, mekanisasinya masih seperti yang kemarin,” kata Mentan SYL.

Kementerian Pertanian juga terus memaksimalkan peran pendidikan vokasi pertanian untuk mendapatkan SDM milenial yang handal. Kehadiran generasi milenial dianggap memiliki peran penting. Sebab, tahun 2021 dinilai akan momentum penting mempercepat pemulihan ekonomi nasional dari dampak Pandemi Covid 19.

Selain itu, Kementerian Pertanian sebagai ujung tombak untuk menyediakan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia, akan terus berjuang menyejahterakan petani, serta menggenjot ekspor komoditas pertanian. 

Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan  bahwa pertanian adalah sektor yang sangat penting, terutama dalam menopang kemajuan ekonomi nasional. 

Menteri Pertanian menanamkan nilai perjuangan membangun pertanian maju, mandiri, dan modern. Sektor pertanian merupakan sektor yang eksis utama pada saat krisis pandemi covid 19. 

“Pertanian menjadi kekuatan negara, karena makan bagi 267 juta penduduk Indonesia tidak bisa ditunda, makan tidak bisa menunggu, karena makan merupakan kebutuhan vital yang tidak boleh putus,” katanya.

Sedangkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan bahwa guna mendukung pembangunan pertanian maju, mandiri dan modern, perlu dilakukan penyiapan, pencetakan SDM pertanian unggulan. 

SDM yang kompetitif sebagai tenaga kerja pertanian andal dan unggul sebagai pengusaha pertanian milenial andal, kreatif, inovatif, professional, serta mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin. 

Hal itu disampaikan Dedi Nursyamsi dalam Koordinasi Teknis Pendidikan Tinggi dan Menengah Vokasi Pertanian, Rabu (13/1/2021) di Bigland Bogor. Kegiatan ini mengangkat tema Optimalisasi Peran Pendidikan Vokasi Pertanian dalam Mendorong Milenial Meningkatkan Produktivitas Pertanian.

“Pengusaha pertanian milenial diharapkan mampu menjadi resonansi, penggebuk tenaga muda di sekitarnya untuk menjadi SDM pertanian unggulan yang mampu menggenjot pembangunan pertanian menjadi pertanian maju, mandiri dan modern,” tutur Dedi Nursyamsi.

Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa
26 Februari 2021

Wujudkan Pertanian Maju, Kementan Libatkan TNI
26 Februari 2021
Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari
Wabup Bantaeng Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh
15 Februari 2021
Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa
Wabup Bantaeng Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh
15 Februari 2021
Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa
Wabup Bantaeng Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh
15 Februari 2021
Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa
Wabup Bantaeng Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh
15 Februari 2021
Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa
Turut Bina Petani Milenial, Polbangtan Yoma Terima Penghargaan Dari Dispertan Cilacap
02 Februari 2021
Politeknik Pembagunan Pertanian Yoma
Di Bantaeng, Dr. Azikin Solthan Buka Bimtek Pening...
28 Februari 2021
Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa
Azikin Solthan : Daerah Mutlak Genjot SDM Petani...
28 Februari 2021
Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa
Wujudkan Pertanian Maju, Kementan Libatkan TNI...
26 Februari 2021
Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari

Link

  • Kementerian Pertanian
  • PPID Kementan
  • Cyber Extention
  • E-Perpustakaan
  • Simpulpadi
  • P4S
  •    
       

    Kontak

    Humas B P P S D M P
    Lantai 7 Gedung D, Kementerian Pertanian
    Jl. Harsono, RM. Pasar Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
    Email : humassdm@gmail.com

           

    B P P S D M P
    Kementerian Pertanian

    @Copyright 2020
    B P P S D M P, Kementerian Pertanian